Profil

Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia dari masa ke masa lebih banyak bersifat klasikal-massal, yaitu berorientasi kepada kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa. Kelemahan yang tampak dari penyelenggaran pendidikan seperti ini adalah tidak terakomodasinya kebutuhan individual siswa di luar kelompok siswa normal. Padahal sebagaimana kita ketahui bahwa hakikat pendidikan adalah untuk memungkinkan peserta didik mengembangkan potensi kecerdasan dan bakatnya secara optimal. Maka menjawab permasalahan diatas, dan dalam rangka mewujudkan madrasah yang mampu memberikan sumbangsih dan kontribusi ilmiah yang bermanfaat, dalam hal membentuk manusia muslim yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas, percaya pada diri sendiri, bermanfaat bagi peradaban masyarakat, serta bertaqwa kepada Allah, serta terwujudnya peserta didik yang memiliki kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, talenta, serta  ketrampilan kecakapan hidup yang mampu bersaing dan berprestasi di era globalisasi, maka perubahan, inovasi, dan pembaharuan merupakan kata kunci, yang perlu dijadikan titik tolak dalam mengembangkan madrasah. Untuk mengatur perubahan tersebut perlu bertolak dari visi yang jelas, yang kemudian dijabarkan dalam misi, dan didukung oleh skill, insentif, sumberdaya (fisik dan non fisik, termasuk SDM), untuk selanjutnya diwujudkan dalam rencana kerja yang jelas. Dengan demikian, profil akselerasi pengembangan madrasah ini diharapkan mampu menjadi acuan dan fokus pengembangan MTs Muhammadiyah 1 Taman baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

1 komentar: