Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia dari masa ke
masa lebih banyak bersifat klasikal-massal, yaitu berorientasi kepada
kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa.
Kelemahan yang tampak dari penyelenggaran pendidikan seperti ini adalah
tidak terakomodasinya kebutuhan individual siswa di luar kelompok siswa
normal. Padahal sebagaimana kita ketahui bahwa hakikat pendidikan adalah
untuk memungkinkan peserta didik mengembangkan potensi kecerdasan dan
bakatnya secara optimal. Maka menjawab permasalahan diatas, dan dalam
rangka mewujudkan madrasah yang mampu memberikan sumbangsih dan
kontribusi ilmiah yang bermanfaat, dalam hal membentuk manusia muslim
yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas, percaya pada diri sendiri,
bermanfaat bagi peradaban masyarakat, serta bertaqwa kepada Allah, serta
terwujudnya peserta didik yang memiliki kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, talenta, serta ketrampilan kecakapan hidup yang mampu
bersaing dan berprestasi di era globalisasi, maka perubahan, inovasi, dan pembaharuan
merupakan kata kunci, yang perlu dijadikan titik tolak dalam
mengembangkan madrasah. Untuk mengatur perubahan tersebut perlu bertolak
dari visi yang jelas, yang kemudian dijabarkan dalam misi, dan didukung
oleh skill, insentif, sumberdaya (fisik dan non fisik, termasuk SDM),
untuk selanjutnya diwujudkan dalam rencana kerja yang jelas. Dengan
demikian, profil akselerasi pengembangan madrasah ini diharapkan mampu
menjadi acuan dan fokus pengembangan MTs Muhammadiyah 1 Taman baik
jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.
We are the best, because MTs Muhammadiyah 1 Taman :)
BalasHapus